Rabu, 07 April 2010

CINTA BUKAN NAFSU

A. hafidlul umam


Dimasa serba modern ini, banyak pelajar yang keluar dari sekolah karena hamil diluar nikah. Akibatnya, mereka harus menikah walaupun berusia masih muda. Tidak jarang karena menikah muda, mereka tidak bahagia lalu bercerai. Namun remaja sekarang ini, tidak menghiraukan akibat itu. Mereka banyak yang membuktikan cintanya dengan berhubungan seks sebelum menikah. Padahal cinta itu artinya saying. Tapi kalau dibuktikan dengan berhubungan seks sebelum menikah, malah menyengsarakan orang yang dicintaidan itu namanya bukan cinta, tapi hanya nafsu semata.


Aku hidup di kota Jakarta. Ibukota negara ini. Memang banyak reiko hidup di kota besar seperti Jakarta. Banyak pelajar di kota ini yang sudah dikeluarkan dari sekolahnya karena hamil. Kejadian seperti ini dapat di cegah dengan melakukan sosialisasi tentang bahaya hubungan seks bebas di sekolah.


Namaku Rina Anindya. Biasa dipanggil Rina. Aku sekarang kuliah di salah satu universitas di Jakarta. Belajar dari kejadian yang pernah aku alami, aku sekarang lebih hati-hati dalam memilih pacar. Aku tidak mau memandang dari mukanya, tetapi dari hatinya. Apa gunanya mempunyai pacar tampan tapi buruk hatinya?


Hari ini, aku berangkat kuliah pagi. Aku akan dijemput oleh pacarku dengan sepeda motor. Pacarku bernama Andi Firmansyah. Dia sangat baik dan sopan. Dia sangat berbeda kelakuannya dengan pacarku saat sma dulu.

Lima menit menunggu, pacarku datang. Dia langsung mengajakku untuk naik ke motornya. Saat perjalanan, aku tidak memegang erat badannya. Dan diapun tidak mau aku pegangi. Setelah setengah jam, aku tiba di kampusku. Akupun turun dan menuju ruangan.


Di ruangan, teman-temanku sudah banyak yang datang. Aku masuk bersama Andi. Mereka tidak mengetahui bahwa aku dan andi berpacaran. Mereka tidak tahu karena, dalam berpacaran aku dan andi tidak pernah bermesraan. Karena aku mempunyai pengalaman yanga buruk kalau bermesraan. Aku takut Andi menganggap aku rela menyerahkan segalanya untuknya. Namun ada teman dekatku yang tahu bahwa aku dan Andi berpacaran. Namanya Ani. dia sering bertanya kepadaku, tentang mengapa aku dan Andi kalau berpacaran tidak pernah bermesraan. Namun aku tidak pernah menjawabnya. Baru nanti setelah kuliah aku akan menjawabnya.


Setelah selesai kuliah, teman-temanku sudah pulang termasuk Andi. Tinggal aku dan Ani yang masih berada di ruangan. Sesuai dengan janjiku, aku akan menjawab pertanyaan Ani.

Begini An, aku mempunyai pengalaman yang suram dengan pacarku saat sma. Pacarku bernama Riko. Dia sangat tampan dan baik. Tapi lama kelamaan aku mulai mengetahui sifat Riko yang sebenarnya. Dia mulai bersikap tidak sopan kepadaku. Hal ini terjadi karena saat berpacaran aku selalu bermesraan dengannya. Dan dia menganggap aku rela menyerahkan segalanya untuknya, termasuk kehormatanku. Namun anggapan itu salah. Semua itu aku lakukan hanya wujud rasa sayangku kepadanya. Karena hal itu, aku menganggap Riko itu orang yang tidak baik. Dan aku ingin segera putus dengannya, walaupun aku masih sayang kepadanya.


Pada malam Minggu, aku dijemput Riko di rumahku. Aku ingin mengatkan bahwa aku ingin putus dengannya. Namun aku curiga, dia akan mengajakku ke sebuah penginapan. Dan mengakku untuk berhubungan badan. Akhirnya kecurigaanku terbukti. Dia mengajakku ke sebuah penginapan. Di sana aku diajak berhubungan badan. Namun aku menolaknya. Karena kalau aku mau, berarti masa depanku akan suram. Dia terus memaksaku agar mau. Namun aku terus berontak sambil menangis. Aku langsung melemparkan sandalku dengan sekeras-kerasnya. Sandalku tepat mengenai mukanya dan berdarah. Karena hal itu, aku dapat melarikan diri dari penginapan itu. Aku langsung pulang dengan naik mobil angkot dengan pikiran sangat kacau.


Keesokan harinya dia menelfonku untuk meminta maaf. Akupun memaafkannya. Namun aku langsung meminta putus. Aku tidak mau lagi berpacaran denganya. Sekarang aku sadar bahwa riko bukan orang yang baik. Dia hanya baik rupanya, tetapi buruk hatinya.


Dari kejadian itu, sekarang aku memilih pacar tidak dari baik rupanya, tetapi dari baik hatinya. Dan kalau berpacaran, aku tidak mau berpacaran dengan mesra. Aku takut pacarku menganggap salah tentang diriku.

14 komentar:

  1. Isi Cerpenna bagoez tapi dalam menggambarkan suasana dan keadaan tempatnya perlu di jabarkan lebih lanjut biar lebih menarik.... dan penulisan katanya juga perlu di perhatikan lagi.....
    jadi saya memberi nilai 80..
    thxs moga bermanfaat.,,,,

    BalasHapus
  2. menurutku cerpenmu bagus akantetapi cerpenmu tidak hidup karena tidak ada percakapannya ,judulnya sudah bagus untuk itu aku memberimu nilai 78

    BalasHapus
  3. menurut saya cerpennya sudah bagus,tapi agak kurang karena di ceritakan dengan bentuk narasi saja jadi agak kurang hidup
    saya nilai 76 saja cukup kan

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum mas gambas,aku komentari cerpenmu oke,menerutku isi cerpenmu bagus akan tetapi cerpennya kurang hidup karena tidak ada percakapannya selain itu penggambaran suasana dan tempatnya perlu dijabarkan lebih lanjut supaya cerpenmu sempurna jika kamu mengiku saranku cerpenmu pasti akan dimuat di suara merdeka dan cerpenmu aku beri nilai 79

    BalasHapus
  5. cerpennya baguz buanget.... sronok - sronok - sronok....
    wah kayaknya biza masuk d kompas... amien...
    tapi coba sendiri...
    cerepn nya baguz konfliknya menarik... dan udah biza kayak cewek ups... d cerpen maksudnya.. tapi banyak kata yang salah penulisan... cepet d perbaiki..ok!!!
    maaf aku hanya biza ngasih nilai 80

    BalasHapus
  6. hai mam,langsung aja ya.....!
    cerpennya sudah bagus,tapi kok nggak ada dialognya,? di revisi nanti lebih baik diberi dialog ya,agar lebih hidup. pada saat si cewek menceritakan pengalamannya saat sma, membuat alur ceritanya sedikit nggak jelas.seharusnya dalam cerper kamu menggambarkan kalau cewek itu cerita pengalamannya,
    konfliknya dan puncak ketegangannya nggak jalas,dan dalam perkenalan janga langsung kamu sebutkan,itu membuat pembaca langsung tau sehingga tidak penasaran lagi,akting kamu sebagai cewek juga perlu belajar lagi. saranku kalau menulis cerper jangan langsung kamu beri tau siapa tokoh itu.jangan langsung''namanya andi,temenku juga ada yamng tau namanya ...,''alangkah lebih baik bila kata2nya diubah .
    maaf ya,q komentarnya terlalu banyak,semoga revisi nanti bisa lebih baik.aku beri nilai 67

    BalasHapus
  7. cerpen nya sudah bagus tapi menurutku lebuh baik jika diberi dialog agar lebih hidup. katanya ulfatul gitu sih,....
    dan menurutku kamu punya bakat membuat cerpen ya....
    yah aku tidak bisa komen apa-apa coz menurutku udah bagus,hanya laen kali kalau buat cerpen di kasih dialog
    gitu aja aku kasih nilai 87

    BalasHapus
  8. cerpennya menarik, tapi menurutku akan lebih jika pd paragraf iniPada malam Minggu, aku dijemput Riko di rumahku. Aku ingin mengatkan bahwa aku ingin putus dengannya. Namun aku curiga, dia akan mengajakku ke sebuah penginapan. Dan mengakku untuk berhubungan badan. Akhirnya kecurigaanku terbukti. Dia mengajakku ke sebuah penginapan. Di sana aku diajak berhubungan badan. Namun aku menolaknya. Karena kalau aku mau, berarti masa depanku akan suram. Dia terus memaksaku agar mau. Namun aku terus berontak sambil menangis. Aku langsung melemparkan sandalku dengan sekeras-kerasnya. Sandalku tepat mengenai mukanya dan berdarah. Karena hal itu, aku dapat melarikan diri dari penginapan itu. Aku langsung pulang dengan naik mobil angkot dengan pikiran sangat kacau.

    mjdi paragraf yang berisi dialog, jadi cerita itu d buat dialog yang pd msa lampau....

    trimS...............(76)

    BalasHapus
  9. Cerpennya sdh bagus, judul cukup menarik dan amanat juga sdh ada mungkin yg perlu di tambah lagi adalah dialog antar tokoh. Karena kalau di beri dialog akan jauh lebih baik. Tapi ceritanya sdh cukup bagus. Aku kasih nilai 79.

    BalasHapus
  10. Cerpennya bagus sekali.
    Ini cerpen kok kayak penjelasan.
    Dimasa serba modern ini, banyak pelajar yang keluar dari sekolah karena hamil diluar nikah. Akibatnya, mereka harus menikah walaupun berusia masih muda. Tidak jarang karena menikah muda, mereka tidak bahagia lalu bercerai. Namun remaja sekarang ini, tidak menghiraukan akibat itu. Mereka banyak yang membuktikan cintanya dengan berhubungan seks sebelum menikah. Padahal cinta itu artinya saying. Tapi kalau dibuktikan dengan berhubungan seks sebelum menikah, malah menyengsarakan orang yang dicintaidan itu namanya bukan cinta, tapi hanya nafsu semata
    Banyak sekali kesalahan penulisan
    Sma seharusnya huruf capital
    Andi harus huruf pertama harus capital
    Saya beri nilai 89

    BalasHapus
  11. cerpennya menarik,judul cukup menarik dan amanat juga sdh ada,tapi menurutku lebuh baik jika diberi dialog agar lebih hidup.Dan dalam menggambarkan suasana dan keadaan tempatnya perlu di jabarkan lebih lanjut biar lebih menarik dan penulisan katanya juga perlu di perhatikan lagi(99)

    BalasHapus
  12. cerpen ini bagus, karena telah mampu menceritakan kisah dari sudut pandang seorang perempuan. Namun yang perlu ditambahkan adalah dialog. Meskipun sedikit, tetap perlu diberi dialog, misalnya ketika sang tokoh mengingat masa lalunya ketika bercakap-cakap dengan orang lain.

    BalasHapus
  13. maksih pak, atas komentarnya!

    BalasHapus
  14. Cerpen ini sangat bagus, tetapi perlu dipertajam dialognya, teruskan belajar ya....

    BalasHapus